Breaking News

Menjadi Ojek Mahasiswa Online di Sela Waktu Kuliah


Dita Sinulingga (21) termasuk salah satu dari banyak mahasiswi yang memiliki pekerjaan sampingan selama kuliah. Mahasiswi jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau tersebut mengawali profesi sebagai ojek mahasiswa online sejak lima bulan terakhir.

Motivasi Dita untuk bergabung kedalam Komunitas Mahasiswa ojek (M-jek) adalah untuk membantu kaum perempuan yang tidak memiliki kendaraan dan tidak ingin berdekatan dengan laki-laki, karna kebanyakan dari aplikasi Gojek drivernya adalah laki-laki  juga untuk menimalisir tarif di bawah Gojek.

Selain itu Dita juga ingin belajar hidup mandiri, ingin merasakan bagaimana sulitnya mencari uang. Dari hasil pendapatan narik penumpang Dita mampu membayar uang kebutuhan kampus dan memenuhi kebutuhan pribadi tanpa harus meminta kepada orang tuanya.

Dalam membagi waktu antara bekerja dan kuliah tidaklah begitu susah bagi gadis kelahiran Perawang, 15 Desember 1998 tersebut. Dita hanya menerima pesananan pada jam kosong perkuliahan. Selain itu, Dita juga hanya menerima penumpang perempuan dan bekerja pada siang hari.

Selama menjadi driver M-jek Dita memiliki pengalaman tidak menyenangkan, salah satunya adalah ketika seorang penumpang membatalkan orderan saat Dita sudah sampai dilokasi.

Mahasiswi semester lima ini mengaku, jika pesanan ramai maka pendapatan dari menarik penumpang yang diperoleh rata-rata mencapai Rp 49.000 per hari. Dan sekarang Dita sudah memiliki tabungan kurang lebih Rp 1.000.000 dari hasil kerja kerasnya.

Penulis : Resinta
Editor : Gusti Herniyah Siregar
Sumber Foto : BanjarmasinPost.co.id

Tidak ada komentar